Senin, 29 April 2013

keren, anakku investasi emas (masuk sekolah bayar sendiri)

Kini jamannya emas. Di mana-mana emas menjadi primadona. Selain bebas inflasi, harga emas terus naik, sehingga posisi orang yang menginvestasikan dananya di emas selalu aman krisis. Bahkan kini emas menjadi incaran investor, mulai dari yang kacangan hingga kelas kakap. Saya belum memutuskan untuk investasi emas dalam jumlah besar. Kali ini saya akan sharing tentang apa yang telah saya lakukan beberapa hari ini tentang emas.


Saya akan cerita dulu ya. Anakku kini masih kelas satu SD di sebuah SD berstandar nasional, dua bulan kedepan dia naik kelas dua.Tiap hari, uang sakunya Rp 10 ribu. Tapi alhamdulillah, meski anakku gendut, dia tidak suka jajan. Tiap hari, ia hanya menggunakan uang sakunya untuk jajan sekitar Rp 4 ribuan saja, jadi bisa menabung sebesar Rp 6 ribuan per hari.

Kelebihan uang saku anakku itu terkadang saya simpan di kotak khusus di rumah, tapi lebih sering digunakan untuk uang saku hari berikutnya. Dalam hati saya selalu ingin mengajari anak saya untuk menabung. Tapi saya sadar bahwa menabung dalam bentuk uang kurang bagus secara hitung-hitungan investasi.

Alhamdulillah, saat saya bbm-an dengan teman yang saat ini sedang getol investasi emas, saya malah jadi kepikiran untuk menabung dalam bentuk emas. Lalu saya datangi Bank BNI Syariah. Ternyata di bank ini punya layanan cicilan emas. Bak gayung bersambut, saya pun minta penjelasan seputar cicilan semas, sekaligus minta aplikasi cicilan.

Bank ini menyediakan cicilan emas untuk 10, 25, 50 dan 100 gram. Di bank lain saya belum tahu, tapi kemungkinan besar hampir mirip-mirip. Yang saya tahu hampir semua bank syariah mempunyai produk ini. Besaran cicilannya bervariasi tergantung berat emas dan jangka waktu cicilan. Bank BNI Syariah menawarkan waktu cicilan antara dua hingga lima tahun.

Nah untuk mengenalkan anak pada investasi emas, sekaligus mengajarinya untuk mandiri, saya coba mengajaknya ke BNI Syariah di kota saya. Dan alhamdulillah, anak saya setuju sisa uang sakunya dibelikan emas. Kepadanya, saya mencoba menjelaskan bahwa kelak jika cicilan sudah lunas, emas itu bisa dipakai untuk bayar sekolah atau dipakai untuk keperluan lain, seperti rekreasi, jalan-jalan, beli sesuatu, atau sekadar untuk tabungannya.

Tak hanya memberi penjelasan soal kegunaan investasi emas itu saja, saya juga mengajaknya ikut datang langsung ke bank. Tujuannya agar ia terbiasa dengan kehidupan bank. Harapannya ia kenal dengan dunia perbankan, keuangan, termasuk dunia investasi. Alhamdulillah, saat ngantre di bank, ia banyak tanya soal valuta asing, reksadana, dan beberapa produk bank. Tentu saja, saya jawab sebisa saya, sambil merujuk pada brosur yang ada di kantor bank.

Setelah berdiskusi dengan istri, akhirnya saya putuskan ambil cicilan 25 gram dengan waktu angsuran selama tiga tahun. Per tanggal 29 April 2013, harga emas Antam di Banjarmasin dibanderol Rp 515.000 per gram. Jadi kalau ambil 25 gram harga belinya jadi Rp 12.690.000.
Setelah sepakat dengan bank, saya membayar uang muka sebesar Rp 20 persen atau Rp 2.538.000 dengan besar cicilan Rp 351.964 fix selama tiga tahun. Selain uang muka itu, saya juga membayar empat materai dan biaya administrasi sebesar Rp 25 ribu. Jadi total, saya harus membayar Rp 2.700.000.

Sebetulnya, kalau dihitung dari kemampuan bayar anak saya, seharusnya dia hanya mengambil emas yang 10 gram untuk jangka waktu tiga tahun. Dengan jangka waktu tiga tahun, anak saya hanya perlu mengangsur sebesar Rp 142 ribu per bulan fix. Tapi setelah saya hitung-hitung, kalau ambil 10 gram nanggung, jadi sekalian saja ambil yang 25 gram. Selain uang mukanya yang masih terjangkau, juga hasilnya lumayan. Hitung-hitung hasilnya untuk cadangan biaya masuk smp. Siapa tahu saat anakku lulus SD, biaya masuk ke SMP tinggi.

Lalu kenapa harus ambil cicilan emas. Alasannya cukup simpel. Pertama, harga emas selalu naik. Berdasarkan fakta yang terjadi, kenaikan harga emas minimal mencapai 20 persen per tahun. Artinya jika tahun ini harga emas Rp 515.000 per gram, kemungkinan besar tahun depan harga emas 25 gram mencapai 15.228.000. Insya Allah cukup untuk masuk SMP.

Alasan kedua, kalau kita ambil cicilan emas, kita mengunci harga emas tiga tahun yang akan datang dengan harga hari ini. Artinya, prediksi harga emas tiga tahun yang akan datang sebesar Rp 21.928.000, kita bayar sesuai perhitungan bank hari ini sebesar Rp 12.690.000. Lumayan ya. Memang kalau dihitung total cicilan dan uang muka, jatuhnya agak tinggi. Tapi yang tidak bisa abaikan adalah cara membelinya yang bisa diangsur hingga tiga tahun dengan cicilan per bulan yang relatif terjangkau.

Begitulah masbro sharing saya kali ini. Ayo kita cerdas menyiasati hidup yang makin mahal. Bagi yang gajinya pas-pasan, dan sekarang menjadi perokok berat, inilah saatnya Anda membuktikan diri bahwa Anda peduli dengan keluarga dan masa depan Anda. Jika saat ini Anda merokok satu bungkus, kurangi hanya setengah bungkus sehingga Anda bisa menabung Rp 5.000 per hari. Dengan 5.000 per hari Anda bisa punya emas batangan dua atau tiga tahun ke depan.

Dengan cara ini, insya Allah hidup menjadi lebih ringan dan barokah karena dilakukan di bank syariah. Oh iya, sebetulnya cicilan emas ini tidak hanya dipakai untuk masuk sekolah. Masbro juga bisa menggunakannya untuk persiapan anak kuliah, membeli rumah atau mobil, pergi haji atau umrah, atau untuk keperluan lain, semisal modal usaha.

Semoga bermanfaat ya masbro...
Banjarmasin, 29 April 2013

8 komentar:

  1. awal 2013 iki harga emas malah mudun jew pakdhe, mugo2 mung ancang2 nggo mlumpat regone
    PSS vinci per noi

    BalasHapus
    Balasan
    1. @PSS vinci per nor
      Harga emas turun gakpapa masbro, kalau naik terus nanti bakule yang pusing. hehehe. Kalau menurut saya, turunnya harga emas itu sesuatu yang wajar, namanya juga barang komoditi.
      Tapi sejak dulu kala, yang namanya penurunan harga emas tidak lebih dari sebulan, yakin deh. Dan faktanya, kenaikan harga emas selalu di atas 20 persen per tahun. Ini faktanya: tahun 2004 harga emas Rp 90 ribuan per gram, tahun 2007 harga emas Rp 200 ribuan per gram, tahun 2013 ini harga emas berkisar Rp 520 ribuan per gram. Ini fakta tak terbantahkan kan?
      Bahkan prediksi sejumlah pengamat ekonomi, pada 2014 nanti harga emas mencapai Rp 1 jutaan lho per gram. walahualam nggih...

      Hapus
    2. "Bahkan prediksi sejumlah pengamat ekonomi, pada 2014 nanti harga emas mencapai Rp 1 jutaan lho per gram"

      Maaf ralat: yang bener prediksi harga emas tahun 2015 nanti sebesar Rp 1.074.954.24. sumber: http://forum.kompas.com/ekonomi-umum/42294-harga-emas-idr-1-juta-gram-di-tahun-2015-a.html

      maturnuwun

      Hapus
  2. kayaknya ini gara2 bapake pernah megang lip bisnis, jadi ketular sama anaknya, he3

    BalasHapus
  3. @Abah Rafka
    hehehe, iya bos, apapun (asalkan baik) sebaiknya memang harus diaplikasikan dalam kehidupan. Kalau pelajaran emas ini ajar-ajarannya mbah google. Jadi kalo cari berita di google, sekalian belajar bisnis, hahaha. Ayo, Rafka nabung juga buat kuliah ya...

    BalasHapus
  4. ANOTHER OPPORTUNITY AGAIN, ARE YOU A BUSINESS MAN/WOMAN, A WORKER IN AN ORGANIZATION,SELF EMPLOYED? Requires a personal loan for a business without stress, If so, contact us today, we are offering loan at low interest rate of 2 % , you can end the year with a smile on your face, safety, happiness of our customers is our strength. If you interested, fill out a loan application form below:
    Borrower Information:

    Full Name: _______________
    Country: __________________
    Sex: ______________________
    Age: ______________________
    Loan Amount Needed: _______
    Loan duration: ____________
    The purpose of the loan: _____________
    Cell Phone Number: ________

    For more information please contact us now via email : mariasednerloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo,

    Perkenalkan, nama saya Sarah, salah satu staff perwakilan Perusahaan Broker Instaforex.com
    Broker terbaik http://ifxid.com/awards.php

    Kami ingin menawarkan kerja sama yang memberikan Anda minimal keuntungan 1.5 pips - 5.3 pips( 15 $ - 53 USD untuk lot pasar secara umum) dari setiap trading klien yang berada dibawah Anda.

    Untuk memulai kerjasama, Anda hanya perlu mendaftar melalui link ini https://secure.ifxid.com/en/affiliate-registration.aspx?lang=en

    Selain Keuntungan diatas, kami juga menawarkan keuntungan lainnya seperti yang tertera dibawah ini :

    Komisi 1.5 - 5.3 pip untuk Forex dan mencapai 20-26 pips untuk Gold; ( partners.ifxid.com/en/partners_comissions.php/)

    - Reward tambahan untuk broker yang maju;
    - Akses online statistik afliasi selama 24 jam;
    - Gratis analisa lalu lintas link afliasi anda;
    - Website lengkap gratis dengan kemudahan administrasi;
    - Berita-berita forex gratis untuk klien anda;
    - Pemilihan materi promosi dan edukasi yang luas;
    - Kesempatan pendistribusian buku disediakan oleh perusahaan;
    - 8 tipe kemitraan dengan InstaForex dan potensi perkembangan partner.
    - Kartu debit bank dari InstaForex

    NB:
    Untuk program sub IB, Anda mendapatkan 0.1 pip dari subIB
    dan juga bonus point dari klien Anda.

    Jika Anda tertarik, mohon hubungi kami pada kontak-kontak dibawah ini :

    Dengan hormat,
    Sarah
    Partner Department Consultant

    Email: sarah@mail4.instaforex.com
    ID skype: sarah@mail7.instaforex.com
    YM: sarah.ifx@yahoo.com
    Whatsapp : 08111490500

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum saya mau nanya apakah kredit emas itu nantinya emasnya langsung diberikan kekita? Stau diberikannya ketika sudah lunasl?

    BalasHapus