Sabtu, 11 Februari 2012

cara ringan kredit mobil


Bagi pegawai dengan gaji pas-pasan, tapi udah kebelet punya mobil, ada tips asyik nih. Apalagi, saat ini hujan deras sering mengguyur tiap hari. Terkadang ditambah angin kencang lagi. Jadi, naik mobil pasti lebih enak. (pancen enak kok). Selain nggak kehujanan, gak perlu pakai jas hujan seperti saat naik sepeda motor, dan tentu saja lebih nggaya. Mentereng gitu deh, hehe..

Seperti diketahui, angsuran kredit mobil cukup mahal. Jika gaji Anda kurang dari Rp 7 juta, tentu saja akan sesak napas alias ngos-ngosan jika harus ngredit mobil yang saat ini berkisar Rp 4-5 jutaan per bulan. Dengan harga mobil Rp 150 juta hingga Rp 200 jutaan, tentu gaji Anda tidak bakal masuk dipakai mengangsur, alias ditolak dealer gitu deh. Harga segitu untuk mobil kelas keluarga lho, sejenis, Avanza, Xenia, Freed, atau Jazz. Ya, kisarannya naik turun lah.

Nah, dengan gaji yang saya sebutkan di atas, jika ditambah ongkos operasional mobil bulanan, tentu saja bakal sangat berat, apalagi jika Anda sudah punya anak bini. Bininya ganggur, dan anaknya buanyak, walah...

Oke, inilah tipsnya. jeng jeng...


Jika Anda punya rumah, dan harganya di atas harga mobil yang saya sebutkan di atas, maka bersiap- siaplah Anda punya mobil. walah. Tapi jika tidak, maka jangan dipaksakan ya, kecuali Anda punya uang separuh dari harga mobil itu. Terus bagaimana jika tidak punya rumah? Minta uang saja sama mertua, huahaha....

Caranya, rumah itu digadaikan ke bank. eh bukan rumahnya, tapi sertipikat rumahnya. Bilang kepada bank, Anda sedang butuh fresh money. Ajukan kredit di atas harga mobil itu. Kenapa? Karena biasanya bank hanya mengapraisal (menyetujui) 80-90 persen kredit dari harga rumah. Gunanya, saat kredit macet, bank bisa menjual rumah itu di bawah harga pasaran. Selain itu, biasanya ada biaya administrasi plus asuransi, jadi plafon kredit yang kita ajukan pasti berkurang. (makanya ajukan kredit di atas harga mobil. Kecuali Anda punya uang simpanan).

Lalu, apa syarat mengajukan kredit ke bank? Ya seperti biasa lah, foto copy KK, KTP, surat nikah, SK pegawai, foto, IMB, sertipikat rumah, NPWP, dan PBB. Jika itu sudah lengkap, bagian apraisal bank akan survey rumah untuk mengetahui layak tidaknya kredit dicairkan. Jika semua sudah oke, uang langsung ditransfer ke rekening.

Nah, jika uang sudah cair, langsung belikan mobil secara cash. Lha enak to...

Ya, dengan cara ini angsuran kredit mobil Anda tentu jadi lebih murah. Kalau Anda pilih mengangsur langsung ke dealer mobil, tentu saja jatuhnya lebih mahal karena biasanya dealer hanya mau memberi masa kredit mobil tiga tahunan saja. Sedangkan jika Anda menggadaikan rumah, bank mau memberi masa kredit hingga 15 tahun. Jadi, tentu saja angsuran bulanan dengan cara ini lebih murah.

Untuk kredit mobil seharga Rp 150-200 jutaan, kemungkinan angsurannya sekitar Rp 4-5 juta per bulan. Itu belum ditambah uang muka sebesar 20-30 persen. Jadi, angsuran bulanannya sangat berat untuk pegawai bergaji kurang dari Rp 7 jutaan. Sementara jika Anda mengangsur dengan cara di atas, tentu lebih murah karena masa kreditnya bisa sampai 15 tahun. Nah itu lah enaknya investasi rumah atau properti.

Berdasarkan pengalaman utang di bank. (walah opo to iki, pengalaman utang kok bangga). Utang sebesar Rp 200 juta di Bank Mandiri, jika masa kredit selama 15 tahun, angsurannya sekitar Rp 2 jutaan per bulan. Bandingkan dengan utang di dealer yang cicilannya Rp 4-5 juta per bulan, tentu jadi lebih ringan kan. Sementara jika utang di Bank BTN, angsurannya lebih mahal, bisa Rp 2,5 jutaan per bulan.

Trus, jika Anda ingin angsuran lebih murah, ya mobilnya dipakai untuk bisnis. Bisa direntalkan, bisa dipakai untuk naksi gelap, ngojek, atau untuk bisnis lainnya. Hasil ngojek bisa dipakai untuk membantu angsuran. enak to, selamat mentjoba yaw, semoga bermanfaat...

Bandjarmasin, 11 Feb 2012

36 komentar:

  1. Balasan
    1. sama sama, terima kasih udah berkunjung, kado natal. Silakan dipraktekkin, semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Balasan
    1. hehehe, iya mas. Agya dan Ayla sudah mulai diinden tuh, harganya Rp 75 jutaan hingga Rp 100 jutaan, mungkin April ini dah banyak berseliweran di jalan, murah tuh....

      Hapus
  3. Kalo hitungannya tepat, akan terasa ringan cicilannya.

    BalasHapus
  4. wehhhhh salut bwt mas bro,ane baru kepiran cara itu.. tp sayang sekali rumah ane masih status milik ortu jd aga susa dech.. haahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, atas nama ortu juga ngajuin ke banknya, hahaha....

      Hapus
  5. Boleh jg tuh...tp rumah ane masih AJB, untuk ke sertifikat butuh biaya berapa yah?
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas supriyadi: biaya pembuatan sertifikat bisanya tergantung njop mas, tapi tiap daerah bisa beda-beda tarifnya. Lebih baik cek ke BPN langsung mas, banyak info di sana, makasih

      Hapus
  6. Mantep dah tipsnya... tp perlu nekat juga ya gan gadaikan sertifikat rumah. hehehe.. nice info kang, ijin share ya kang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Jawa, maturnuwun. Kata para pengusaha, untuk bisa sukses memang harus nekat mas, hehehe. Kalau bermanfaat silakan dishare moga bermanfaat...

      Hapus
  7. setelah semua persyaratan komplit biasanya butuh proses berapa lama gan,...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @anonim: tergantung banknya mas, tapi biasanya dua minggu hingga sebulan bisa cair

      Hapus
  8. mantap mas caranya! kalau saya kasusnya sedikit berbeda, sudah terlanjur ambil KPR di bank A, untuk jangka waktu 5 thn, sudah berjalan bayar 2 tahun, baru deh kepikiran mau mobil, pusing kan! nah akhirnya saya pilih over kredit KPR ke Bank B, ambil jangka waktu 7 tahun, dapet duit deh cukup buat beli mobil idaman cash, cuman KPR rumah saya yang sebelumnya sisa 3 tahun jadi sisa 7 tahun. No problemo, yang penting ada rumah, ada mobil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, mantap mas. Selamat atas mobil barunya, hehehe

      Hapus
  9. Situs Jual Beli Mobil Dan Motor Gratis
    Ini dia tempat jual beli mobil dan motor gratis selamanya,banyak penjual dan calon pembelinya sudah pasti mobil/motor Anda cepat laku,dan bagi pembeli sudah pasti mendapat kepuasan,cek aja websitenya!.Situs Jual Beli Mobil Dan Motor Gratis

    BalasHapus
  10. Terimakasih, sudah berbagi tip mas, harus bersabar atau didesak kebutuhan, adalah pilihan. Thanks.

    BalasHapus
  11. Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar ini lender online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Saya dan suami saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak dapat untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Amanda yang membantu kami dengan menawarkan kita tanpa jaminan pinjaman.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu Amanda atau mengikuti prosedur pinjamannya, Hubungi saya melalui email saya, faridaaguss@gmail.com
    Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Amanda di amandaloans@qualityservice.com atau amandarichardssonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  12. Kalo saya lebih consider untuk beli cash, daripada urusan sama bank. Tapi kalo gak terpaksa banget loh yaa :D

    BalasHapus
  13. Hello, semua orang, sila, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk berkongsi kesaksian saya bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya kemiskinan dengan seorang wanita kaya dan kini saya mempunyai kehidupan yang sihat tanpa tekanan dan kewangan kesukaran,

     Selepas berbulan-bulan cuba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu sebanyak 400 juta saya menjadi begitu terdesak dalam mendapatkan pinjaman daripada pemberi pinjaman dalam talian adalah legit dalam kredit dan tidak akan meningkatkan kesakitan saya, jadi saya memutuskan untuk beralih kepada rakan saya untuk mendapatkan nasihat tentang bagaimana untuk mendapatkan pinjaman dalam talian, kita bercakap mengenainya dan kesimpulan kami memberitahukan kepadanya tentang seorang wanita yang bernama Puan Theresa yang juga Ketua Pegawai Eksekutif Theresa Loan.Company

     Saya memohon untuk jumlah pinjaman (800 juta) dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2%, jadi pinjaman yang diluluskan dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dibuat pada pindahan kredit, disebabkan oleh hakikat bahawa ia tidak memerlukan cagaran untuk pemindahan pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sijil perjanjian lesen daripada mereka untuk memindahkan kredit saya dan dalam masa kurang daripada dua jam wang pinjaman itu telah didepositkan ke dalam akaun bank saya.

    Saya fikir ia adalah jenaka sehingga saya menerima panggilan daripada bank saya bahawa akaun saya telah dikreditkan dengan jumlah 800 juta. Saya amat gembira kerana akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan pesanan pemberi pinjaman saya dengan kredit sebenar saya, yang boleh memberikan keinginan hati saya.

    Terima kasih kepada Puan Theresa untuk membuat adil hidup saya, jadi saya cadangkan sesiapa yang berminat dalam mendapatkan pinjaman untuk sila hubungi Cik Theresa melalui e-mel Theresaloancompany@gmail.com untuk maklumat lanjut mengenai bagaimana untuk mendapatkan pinjaman anda,

    Jadi terima kasih banyak untuk masa yang anda luangkan untuk membaca tentang kejayaan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam kehidupan anda.
    Saya menamakan martini, anda boleh hubungi saya untuk lebih banyak rujukan melalui e-mel saya: martinimarais1986@gmail.com atau fatma melalui feyzilfatma@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  14. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya tegang finansial dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 430 juta dalam waktu kurang dari 12 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji Ibu Anita saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

    BalasHapus
  15. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  16. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  17. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk menghapus hutang Anda, untuk tujuan keuangan lainnya, kemudian mengirim email kepada Mr Larry hari ini melalui: peterpero60@gmail.com
    Saya mendapatkan saya dari mereka

    BalasHapus
  18. Assalamu'alikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    InshyaAllah, Kantor Pinjaman Iskandar Lestari memberikan semua yang telah kehilangan harapan finansial untuk mendapatkan kembali status keuangan mereka melalui pinjaman segala jenis. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email kami: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) karena Anda akan menikmati Persentase Bunga Persentase Tahunan terendah, di bawah bimbingan tim staf yang ramah siapa yang peduli dengan Anda dan keluarga Anda, karena Anda pasti mendapatkan pinjaman yang nyata dan asli dalam waktu kurang dari 73 jam berapa anda membutuhkan dana untuk proyek anda? bisnis expasion pembayaran hutang? Tambahan modal untuk hal-hal yang tidak disebutkan di sini dengan ISKANDAR LOAN FIRM Anda bisa mengatakan Alhamdulillah(الحمد لله), karena kami adil, jujur, dapat dipercaya, sopan, dan tentu saja murah hati dalam pelayanan kami jika Anda ingin menghubungi ibu secara langsung, Anda dapat melakukannya melalui BBM INVITE: {D8980E0B} Assalamu'alaikum wr wb, Allahu Akbar ....... Allahu Akbar ........ Allahu Akbar

    BalasHapus
  19. Layanan keuangan dan pinjaman @ 3%.

    Anda membutuhkan pinjaman pribadi atau bisnis tanpa stres dan cepat
    persetujuan pengembalian dana di mana saja di dunia. tolong hubungi kami melalui ini
    email: felixdukeloanfirm@gmail.com


    APLIKASI PINJAMAN

    1. Anda memiliki nama lengkap Anda
    2.Krajina
    Alamat rumah
    4. Tanggal lahir
    5.Sex
    6. profesi Anda:
    7. Kartu iD valid Anda:
    8.Telepon
    9. Alamat email atau alamat email pribadi perusahaan Anda.
    10. Jumlah pinjaman.
    11. Durasi.


    email kami di felixdukeloanfirm@gmail.com
    Tuan Felix Duke

    BalasHapus
  20. SELAMAT SIANG,

    Penawaran pinjaman yang andal berlaku sekarang dan dapatkan pinjaman !!! Ini kesempatan
    bagi mereka yang dalam kesulitan keuangan dan mereka yang ingin kekacauan keuangan masuk
    hidup mereka, kami memberikan kredit pada tingkat bunga 2% yang sangat wajar, kami berikan
    semua jenis pinjaman untuk membantu bangsa stres keuangan. Banyak yang
    menderita dan membutuhkan bantuan untuk meningkatkan standar hidup mereka, banyak yang keluar
    pekerjaan dan membutuhkan bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak dari keuangan
    bantuan harus menghapus akun dan utangnya. Ini adalah keputusan yang bijaksana
    untukmu sekarang Penawaran pinjaman kami dijamin berarti tidak ada jaminan di
    pertanyaan. Sebagai pemohon pinjaman Anda meminta pinjaman dengan rincian
    kontak saya di bawah ini. Nama: John E-mail: mrjohnrobertloanfirm@gmail.com
    Whatsapp +2349051288172

    BalasHapus
  21. Nikkis Simkova, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman palsu di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses itu karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ROYALFUNDS.HELP COMPANY. Saya mendapat pinjaman dari ROYALFUNDS 300,000,000rp. MEMBANTU PERUSAHAAN dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui ROYALFUNDS. BANTUAN PERUSAHAAN dalam kehidupan keluarga saya. Saya mencari saran Anda jika Anda memerlukan pinjaman, Anda sebaiknya menghubungi ROYALFUNDS.HELP COMPANY. hubungi mereka melalui email (Royalfunds.help@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (Tomasprandl110@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  22. Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan suku bunga rendah per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Hubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
    Hanya WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
    Tel .... (+ 44) 7480 729811
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus
  23. thank you atas informasinya, bisa juga mampir ke blog mengenai kredit kendaraan jika berkenan, terima kasih

    BalasHapus
  24. Apakah Anda sangat membutuhkan pinjaman? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membiayai bisnis Anda atau melunasi tagihan Anda? memerlukan pinjaman untuk operasi atau apakah Anda seorang kontrak atau perlu dana untuk pekerjaan konstruksi Anda, apakah Anda seorang siswa yang membutuhkan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk pertanian Anda? Anda bisa mendapatkan pinjaman hari ini dari perusahaan kami dengan tingkat bunga 2%. kami menawarkan pinjaman mulai dari $ 5000 hingga $ 150.000.000 dalam mata uang apa pun yang Anda inginkan. hubungi email perusahaan kami: - lapofunding960@gmail.com
    SALAM HORMAT

























    Apakah Anda sangat membutuhkan pinjaman? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk membiayai bisnis Anda atau melunasi tagihan Anda? memerlukan pinjaman untuk operasi atau apakah Anda seorang kontrak atau perlu dana untuk pekerjaan konstruksi Anda, apakah Anda seorang siswa yang membutuhkan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk pertanian Anda? Anda bisa mendapatkan pinjaman hari ini dari perusahaan kami dengan tingkat bunga 2%. kami menawarkan pinjaman mulai dari $ 5000 hingga $ 150.000.000 dalam mata uang apa pun yang Anda inginkan. hubungi email perusahaan kami: - lapofunding960@gmail.com
    SALAM HORMAT

    BalasHapus
  25. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus