Jumat, 29 Maret 2013

ikan lele unik

Dua hari ini anakku punya mainan baru, seekor ikan lele unik. Ikan lele ini merupakan pemberian temanku yang telah memelihara ikan lele ini selama satu tahun terakhir.




Ikan lele ini cukup unik karena di sekujur tubuhnya terdapat lurik, atau lebih mirip seperti motif baju orang Dayak. Panjang ikan lele ini sekitar 40 centimeter, sehingga lebih mirip seekor ular. Keunikan ikan lele ini langsung nongol ketika dipanggil anakku.

Ikan lele ini cukup menyenangkan dipelihara. Dia langsung nongol ketika akuarium diketuk-ketuk. Kami memberi makan jangkrik. Lele ini cukup ganas, dia langsung menabrak atau menyambar kalau ada benda dimasukkan ke akuarium.

Kabarnya, ikan lele ini merupakan spesies asli Kalimantan yang hampir punah. Jadi, saya beruntung bisa memelihara ikan yang nyaris punah ini. Tapi yang jelas, anakku sangat menyukai ikan lele yang diberi nama Lian ini.


2 komentar:

  1. Kabar baiknya lele jenis ini juga menyebar khususnya di daerah sumtera selatan, saya sering lihat orang mancing dapat ikan lele jenis ini di daerah rawa dan areal perkebunan sawit. masih sangat banyak dan ukurannya lumayan besar. saya sendiri sering mengkonsumsi lele jenis ini waktu kerja dulu

    BalasHapus