Senin, 26 Maret 2012

saatnya kredit rumah gan...

Alhamdulillah, Senin, 19 Maret 2012 lalu saya akad kredit rumah sederhana. Akad ini saya sebut "kesabaran berbuah manis" Betapa tidak, saya pesen rumah ini sudah cukup lama. Bahkan jika ditotal dari saat pertama pendaftaran terhitung teramat lama.
Sebetulnya kami tidak berniat membeli rumah ini, tapi demi menolong teman, akhirnya saya ambil juga rumah ini.


Awalnya yang mau ngambil rumah ini adalah teman saya. Sekitar dua tahun lalu, kontrakan teman saya akan berakhir, tinggal empat bulan lagi. Ia berpikir, kalau mau nerusin ngontrak, tarifnya akan dinaikkan pemilik rumah. Lalu dia memutuskan untuk kredit rumah sendiri. Lokasinya sekitar lima kilometer dari rumah kontrakannya.

Setelah daftar dan menunggu, ternyata hingga habis kontrakan, rumah itu belum dibangun juga. Akhirnya, dia memutuskan nyari rumah KPR yang ready stock. Setelah muter-muter dan nyari informasi, akhirnya dapat, tapi lokasinya lumayan jauh. Meski jauh, ia terlihat senang karena cicilan yang ia bayarkan tidak sia-sia karena rumah itu menjadi hak milik. Beda dengan mengontrak dimana yang untung adalah pemilik rumah.



Nah beberapa bulan lalu, ia ditagih oleh pengembang rumah yang ngeles nggarap tumah itu. Tapi karena ia sudah ngambil rumah, dan merasa berat ambil rumah lagi, ia memutuskan menawarkan rumah itu kepada beberapa temannya. Karena kalau ia membatalkan mengambil rumah itu, uang muka yang telah dibayarkan dipotong 50 persen.

Singkat kata, rumah itu akhirnya ditawarkan kepada saya. Tentu saja saya harus mengganti uang muka yang telah dibayarkannya ke pengembang, dan ada sedikit uang lebih. Setelah deal dengan pengembangnya, akhirnya disepakati bahwa rumah itu diteruskan atas nama saya. Karena saat itu belum akad dan belum berproses, maka sertifikat rumah itu tentu saja atas nama saya.

Beberapa waktu kemudian, BTN melakukan wawancara dengan saya, dan hasilnya lancar. Tapi setelah itu ternyata pengembangnya ngeles lagi merampungkan pembangunan rumah itu, sehingga akad kredit mundur terus, padahal BTN sudah ACC. Sempat marah juga dengan pengembang yang selalu ngeles, tapi akhirnya saya ikhlaskan. Dalam hati, toh saya belum mulai mengangsur, dan belum mau menempati rumah itu. Dan tujuan saya ambil rumah itu untuk investasi jangka panjang, makin lama harga rumah bakal makin naik.

Dan ternyata kesabaran itu berbuah manis. Awal Maret, pemerintah melalui BI mengumumkan suku bunga perbankan wajib turun, termasuk di BTN. Jika sebelumnya, saat wawancara bunganya 8,3 persen, kini tinggal 7,5 persen per tahun. Artinya angsuran juga ikut turun. Jika saat wawancara angsuran ditetapkan sebesar Rp 722 ribu per bulan, kini menjadi Rp 588 ribu per bulan, lumayan ya...

Kabar baiknya, angsuran itu flat selama 10 tahun atau 120 bulan. Awalnya sempat tidak percaya bahwa angsuran itu flat, tapi setelah minta penjelasan ke BTN ternyata angsuran itu memang flat. (Biasanya BTN memberlakukan bunga flat selama satu atau dua tahun saja). Dan itu dibuktikan dengan tanda tangan hitam di atas putih. Jika BTN ingkar janji, tinggal menuntut saja, hehehe. Untuk diketahui, harga jual rumah ini sebesar Rp 60 juta. Uang muka Rp 10,5 juta, dan utang di BTN Rp 49 juta. (murah yah...)

Jika dihitung, harga ini teramat murah, karena di kawasan sekitar, sudah tidak lagi rumah tipe 36 yang dijual di bawah harga Rp 90 juta, karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dengan kota. Jadi, kalau saat ini saya langsung jual rumah itu bisa untung minimal Rp 20 juta, walah... (sabar sakwetawis, sebab tahun depan bisa lebih mahal, hehehe)

Nah, jika Anda ingin kredit rumah, inilah saatnya. Ada dua alasan mendasar: yang pertama, suku bunga KPR sedang turun. Yang kedua Bank Indonesia akan memberlakukan program baru (terkait uang muka/dp) yang cukup memberatkan warga.

Untuk diketahui, BI baru saja menerbitkan surat edaran terkait LTV kredit pemilikan rumah dan DP kredit kendaraan bermotor. BI menetapkan LTV maksimal 70 persen untuk KPR dengan kriteria tipe bangunan di atas 70 meter persegi. Aturan ini akan diberlakukan Juni 2012 mendatang.

Nah, jika Anda mau membeli mobil (untuk tujuan non-produktif) atau rumah di atas tipe 70, kini diwajibkan menyediakan uang muka (DP) minimal 30 persen. Tentu saja ini cukup memberatkan calon pengutang. Kabar baiknya, aturan baru BI itu tidak berlaku bagi rumah sederhana. Kabar baiknya lagi, suku bunga untuk rumah sederhana sedang diturunkan. Kini, suku bunga pinjaman ditetapkan 7,9 hingga 8,5 persen. Bahkan untuk rumah tipe di bawah 36 suku bunganya bisa mencapai 7,5 persen, flat.

Berdasarkan diskusi dengan bagian kredit BTN, suku bunga 7,5 persen dan flat itu diberlakukan untuk rumah sederhana di bawah harga Rp 70 juta. Jadi, jika sekarang Anda sedang mengincar rumah di bawah harga Rp 70 juta, segeralah mengajukan akad kredit, sebelum aturan ini berubah lagi. hehehe. Begitu juga yang sudah mengincar rumah di atas tipe 70, segeralah mengajukan akad kredit mumpung aturan ini belum diberlakukan hingga Juni 2012 mendatang. Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Banjarmasin, 26 Maret 2012

12 komentar:

  1. wah di jogja udah gag ada harga dibawah 70 jt hmmm....

    sande'rs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi sekarang, jelas sudah tidak ada harga rumah segitu ya kang :(

      Hapus
  2. Buat mas sande'rs maturnuwun kunjunganipun. Memang kalau nyari harga 70 jutaan di perumahan sudah nggak ada kali ya. Tapi kalau sabar, mau blusukan di kampung2 harga segitu masih banyak mas. Pengalaman saya nyari rumah kost di Yogya: kalau nyari lewat iklan koran atau internet harganya di atas 500 jutaan. Ternyata setelah blusukan di kampung2 harga 150 jutaan masih banyak juga mas...

    BalasHapus
  3. Mau dong saya perumahan yg ready stok, DP skitar 20jtaan d banjarmasin, type 36 kalo ada, minta infonya yah

    BalasHapus
  4. Selamat siang,
    Saya Parker Smith, Seorang pemberi pinjaman pinjaman "Managing director Pinjaman DC
    Solusi di sini, saya bersedia untuk meminjamkan pinjaman dengan bunga
    tingkat 3% dan dalam jumlah $ 3,000.00 USD $ 8.000.000,00 USD sebagai
    menawarkan pinjaman, Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dan dengan tidak ada pemeriksaan kredit, kami

    menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal ventura, bisnis
    pinjaman, pinjaman pendidikan, pinjaman rumah atau "pinjaman untuk alasan apapun! Namun, kami
    metode, menawarkan Anda kesempatan untuk menyatakan jumlah pinjaman yang diperlukan dan juga
    durasi Anda mampu, saya bersertifikat, pemberi pinjaman terdaftar dan legit,
    Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kembali ke
    kami Via Alamat E-mail ini sangat di (parkersmithloaninvestment@gmail.com).

    * Peminjam Informasi yang Dibutuhkan Isi Dan Kembali *.
    1) Nama Lengkap: .....
    2) Sex: .....
    3) Kontak Alamat: ....
    4) Bekerja alamat: ....
    5) Telepon: ...
    6) Negara: ....
    7) Pendapatan Bulanan: ....
    8) Jumlah yang diperlukan sebagai Pinjaman: ....
    9) Durasi Pinjaman: ...

    Setelah aplikasi tersebut telah diisi, Anda mengirim aplikasi untuk
    Alamat email ini di (parkersmithloaninvestment@gmail.com).

    Catatan: Jika Anda tidak tertarik dan Anda menerima pesan ini terima
    permintaan maaf saya.

    Saya berharap untuk mendengar dari Anda segera.
    Salam Kind,
    Parker Smith

    BalasHapus
  5. Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda oleh
    Tekanan keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai
    Anda Pengelola? Apakah Anda memiliki kredit yang buruk?
    Apakah Anda pernah menolak bank Anda sebelumnya?
    Apakah Anda tidak bisa tidur karena dana yang tidak mencukupi?
    Solusi Anda datang sekarang!
    Bellow adalah jenis kredit, kami menawarkan dan banyak lagi
    ) Personal Loan, Ekspansi Bisnis.
    b) Business Start-up dan pelatihan.
    c) Konsolidasi Utang.
    d) pinjaman rumah
    e) kredit pertanian
    f) Pinjaman Umum
    Apakah Anda memerlukan / bantuan keuangan pinjaman? Kami dapat membantu Anda mengamankan masa depan Anda
    finansial dalam 72hrs.
    Untuk pertanyaan tambahan dan mengajukan permohonan untuk menawarkan pinjaman ini
    kirim jawaban anda ke: moneylaundering48@gmail.com

    Catatan: Semua pinjaman pelamar yang tertarik harus mengirimkan jawaban mereka ke:
    moneylaundering48@gmail.com

    BalasHapus
  6. Halo, nama saya Laima, saya adalah korban di tangan kreditur penipuan saya telah ditipu 27 juta, karena saya butuh modal besar dari 140 juta, saya hampir mati, tidak ada makanan untuk anak-anak saya, bisnis saya adalah hancur dalam proses saya kehilangan hubsand saya. Saya dan anak-anak saya tidak tahan lagi. semua ini terjadi Januari 2015, tidak sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu ibu yang baik Alexandra yang akhirnya membantu saya mendapatkan mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan Allah terus memberkati Anda , saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu semua orang Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan. alexandraestherloanltd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; laimajelena@gmail.com untuk setiap informasi yang Anda perlu tahu, silakan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    PEMINJAM DATA'S
    (1) Nama Lengkap:
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  8. Apakah Anda ingin pinjaman untuk memulai atau tumbuh bisnis yang ada? Ibu Bernice Louis Pinjaman Perusahaan (BLC) telah datang untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan. Kami memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% pada setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Mrs. Bernice Louis untuk LOAN hari Anda .. email: bernicelouisloancompany@gmail.com atau telepon: +15022653621

    BalasHapus
  9. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  10. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    BalasHapus