Kamis, 24 November 2011

beli rumah tanpa modal


Dua tahun terakhir strategi membeli rumah tanpa modal mulai banyak dilakukan orang. Strategi ini juga banyak diseminarkan di kota-kota besar dengan biaya seminar mencapai Rp 3 jutaan per sesi selama dua jam. Meski terhitung mahal, ternyata peminatnya tetap saja membeludak. (dan saya belum pernah ikut seminarnya karena tak pernah diselenggarakan di kota saya, hehe). Itu bisa dimengerti mengingat strategi ini cukup provokatif dan mengena. Siapa sih hari gini yang tak ingin punya rumah sendiri, gratisan lagi. Bahkan jika strategi ini benar-benar diterapkan, kita bisa mempunyai banyak rumah di beberapa kota.

Meski saya baru taraf mencoba, tak ada salahnya saya berbagi ilmu dengan teman-teman. Saat ini, saya juga masih terus mencoba untuk membeli rumah-rumah yang lain. Untuk diketahui, saat ini saya sedang proses akad rumah ketiga saya. (ehm...).Tapi rumah yang ini rumah apa adanya, hanya tipe 36 saja. Awalnya saya tidak berminat membeli rumah ini, tapi gak ada salahnya membelinya, etung-etung untuk tabungan. Daripada tabungan berbentuk uang tak pernah bisa bertahan lama. hehehe.


Baiklah, saya cerita rumah saya yang pertama, letaknya di Kota Banjarbaru. Saya beli rumah ini sangat murah. Uang mukanya cuma Rp 3,5 juta. Enaknya lagi, uang muka itu saya angsur tiga kali, hehe, enak banget ya. Sebetulnya uang mukanya sih Rp 7 juta, tapi pengembang memberi diskon 50 persen untuk 10 pembeli pertama.

Awalnya banyak orang yang tidak suka dengan lokasi rumah ini. Letaknya cukup jauh dari kota. Tapi saat itu feeling saya mengatakan, perkembangan kota ini akan sangat bagus. Apalagi saat itu calon Gubernur Kalsel (saat itu terkuat) sudah berniat memindahkan ibu kota Kalsel ke Banjarbaru. Dia juga menjadikan pemindahan ibu kota ini sebagai jualannya saat kampanye. Dan ternyata tahun ini, pemindahan ibu kota itu benar-benar terealisasi. Dan saya pun beruntung karena lokasi rumah ini hanya sekitar tiga kilometer dari kantor Pemprov Kalsel yang baru itu.

Jadi, jika saat itu rumah saya harga jualnya hanya Rp 49 juta, kemungkinan besar saat ini harganya sudah lebih dari Rp 90jutaan, karena tahun lalu sempat ditawar Rp 80 juta tapi belum saya lepas. Angsuran rumah saya ini Rp 315 ribu per bulan selama 15 tahun. Baiklah, sekarang kembali ke strategi beli rumah tanpa modal.

Jika kita ingin membeli rumah, pastikan lokasinya strategis, atau setidaknya prospektif untuk dijadikan lokasi hunian yang nyaman atau prospektif untuk usaha. Hampir dua tahun lalu, rumah saya ini dikontrak orang dengan tarif Rp 300 ribu per bulan. Saya mengikat pengontrak selama dua tahun bayar di muka. Artinya pengontrak membayar Rp 7.200.000 di muka. Dengan demikian, uang muka yang saya bayarkan sebesar Rp 3,5 juta sudah tergantikan. Selain itu, saya dapat cashback dana segar sebesar Rp 3.700.000. Kabar baiknya, pengontrak saya ternyata membuat pagar keliling tanah rumah saya. (alhamdulillah, untung dua kali).

Itu untuk kasus rumah KPR. Lalu bagaimana jika kita ingin membeli rumah yang bukan KPR? Tetap saja bisa. Jika kita ingin membeli rumah dengan uang bank, kita harus berpikir kreatif. Artinya, kalau kita mampu mengangsur, tidak masalah, tapi jika tidak mampu, sebaiknya berpikir mencari pengontrak rumah yang akan kita beli.

Untuk mudahnya, sebaiknya kita mencari rumah kost yang mau dijual. Pastikan rumah kost yang akan dijual itu banyak peminatnya. Ini bisa dipilih di dekat lokasi kampus atau dekat mall atau perkantoran. Pastikan sewa kamar kost itu bisa menutupi besarnya angsuran kita ke bank, atau lebih baik jika penghasilan dari sewa kamar kost itu lebih besar dari angsuran ke bank sehingga kita bisa untung tiap bulan.

Katakanlah rumah kost itu terdiri atas 10 kamar, di mana tarif tiap kamar Rp 300 ribu per bulan. Dengan demikian kost itu bisa menghasilkan uang Rp 3 juta per bulan. Katakanlah jika ada rumah kost dijual Rp 175 juta (harga ini tegantung situasi dan kondisi). Dari harga itu, kita bisa ajukan kredit ke bank sebesar Rp 300 juta. Biasanya bank akan mengucurkan kreditnya hanya sebesar 80 persen alias Rp 240 juta. Dikurangi biaya notaris dan profisi sekitar Rp 40 juta, kita bisa dapat uang segar Rp 200 juta, lalu kita bayarkan ke pemilik rumah sebesar Rp 175 juta.

Dengan demikian kita punya cashback Rp 25 juta. Berdasarkan pengalaman kredit di BTN, utang sebesar itu, angsurannya cuma Rp 2.056.000 per bulan selama 15 tahun. Jika angsuran kita hanya 10 tahun, angsurannya pasti di bawah Rp 2 juta. Angsuran sekitar Rp 2 juta itu bisa kita cicil dari pemasukan sewa kamar yang sebesar Rp 3 juta per bulan tadi.

Jadi dengan demikian, kita bisa beli rumah tanpa modal, plus dapat cashback Rp 25 juta dan penghasilan Rp 1 juta tiap bulan dari sewa kamar. hmmm enak ya... selamat mencoba...


banjarmasin, 24 nov2011

13 komentar:

  1. Pak...memang mengajukan Kredit misalkan ke BTN tidak perlu DP/Uang muka?biasanya 20-30% dari jumlah kredit?berati kita perlu modal awal?

    terima kasih mohon sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belinya rumah KPR yang baru, kita memang harus menyiapkan uang muka. Tapi kalau yang kita beli rumah second, kita bisa nego alias kongkalikong dengan penjual rumah. Misalnya, berdasarkan harga pasar, rumah yang akan dijual itu harganya Rp 200 juta. Tapi pemilik rumah hanya menjual Rp 150 juta. Kita ajak kerja sama pemilik rumah. Lalu kita bilang ke bank bahwa rumah itu dijual Rp 200 juta. Kita bilang ke bank bahwa kita sudah ngasih DP ke penjual/pemilik rumah sebesar Rp 50 juta. Dengan demikian, jika utang ke bank sudah cair Rp 200 juta, kita bisa dapat dana segar Rp 50 juta dipotong lain-lain. Usahakan nego dengan bank bisa cair lebih dari Rp 150 juta, karena selalu ada biaya lain-lain. Dengan demikian,kita tidak perlu uang muka untuk membeli rumah.
      terima kasih...

      Hapus
  2. Pak..sy su terlanjur beli rumah pk KPR..nah ada kiatnya utk bayar cicilannya,,krn rumah ini sy huni Pak....atas sarannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @pak agus. Berdasarkan pemahaman saya, kalau ambil kredit kpr sebaiknya ambil yang paling lama, misalnya 15 tahun. Alasannya, cicilannya pasti paling murah. Kita tak perlu memikir lamanya mengangsur. karena kita bisa melunasinya saat telah kita tempati 5-6 tahun. Untuk melunasinya bisa pakai uang sendiri, atau pakai uang bank.

      Asumsinya, setelah lima tahun, harga rumah kemungkinan sudah melonjak tinggi (apalagi jika lokasinya strategis). Misalnya jika saat beli harganya Rp 100 juta, bisa saja 5 tahun berikutnya bisa menjadi Rp 150-200-an juta.

      Kita bisa mengajukan take over dari bank lain. Jika harga saat take over Rp 200 juta, kemungkinan besar Anda bisa mendapat dana 80 persen atau Rp 160 jutaan. Uang take over itu bisa digunakan untuk melunasi kpr di bank awal, dan sisanya bisa digunakan untuk modal usaha atau membeli rumah baru.

      Hapus
  3. Mas Rhei.

    salam kenal sesama warga banjarmasin. saya mau tanya hal apa saja yang harus saya persiapkan sebelum pengajuan pinjaman ke bank supaya pihak bank cepat meng-appraisal rumah tersebut. apakah saya harus kerjasama dengan pihak penjual untuk meminjamkan akta rumahnya sebagai referensi ke bank ?

    terima kasih

    sandy

    BalasHapus
  4. Mas Rhei.

    salam kenal sesama warga banjarmasin. saya mau tanya hal apa saja yang harus saya persiapkan sebelum pengajuan pinjaman ke bank supaya pihak bank cepat meng-appraisal rumah tersebut. apakah saya harus kerjasama dengan pihak penjual untuk meminjamkan akta rumahnya sebagai referensi ke bank ?

    terima kasih

    sandy

    BalasHapus
  5. Apakah Anda memerlukan bantuan dan lelah menjadi kecewa? ...
    Kami menawarkan berbagai pinjaman kepada perusahaan, usaha kecil dan perusahaan, serta konsumen individu.
    Paket pinjaman kami dapat jangka baik panjang atau pendek, preferensi Anda inginkan.
    Kami menawarkan semua jenis pinjaman seperti pendidikan, bisnis, konsolidasi hutang dan pelaksanaan proyek pinjaman.
    kami memiliki kekayaan pengalaman dalam pinjaman meskipun internet iklan.
    Pendekatan kami adalah dinamis dalam sistem peminjaman internet telah membawa kita untuk secara signifikan memperluas jangkauan kami jasa penyewaan untuk membantu pelanggan komersial dengan semua kebutuhan keuangan mereka dan persyaratan.
    Jika Anda tidak memiliki uang muka, kredit macet, atau mungkin banyak utang, kita dapat menemukan program yang sempurna sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda! Kami menawarkan sejumlah pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah.
    Kami telah dalam bisnis untuk pinjaman 10 tahun, dan tingkat tinggi pengalaman dan keahlian tidak bisa dipungkiri transfer pinjaman kepada semua klien kami di bawah kerangka waktu tertentu.
    Jangan biarkan kesempatan keuangan ini indah untuk berlalu begitu saja
    Adam Ketua Perusahaan Pinjaman.
    Email: (Adamchairmanloancompany@gmail.com) (Wc25380@gmail.com)
    KAMI MEMBERIKAN JAMINAN MAKSIMAL UNTUK TRANSAKSI BISNIS KAMI.

    BalasHapus
  6. Apakah Anda memerlukan bantuan dan lelah menjadi kecewa? ...
    Kami menawarkan berbagai pinjaman kepada perusahaan, usaha kecil dan perusahaan, serta konsumen individu.
    Paket pinjaman kami dapat jangka baik panjang atau pendek, preferensi Anda inginkan.
    Kami menawarkan semua jenis pinjaman seperti pendidikan, bisnis, konsolidasi hutang dan pelaksanaan proyek pinjaman.
    kami memiliki kekayaan pengalaman dalam pinjaman meskipun internet iklan.
    Pendekatan kami adalah dinamis dalam sistem peminjaman internet telah membawa kita untuk secara signifikan memperluas jangkauan kami jasa penyewaan untuk membantu pelanggan komersial dengan semua kebutuhan keuangan mereka dan persyaratan.
    Jika Anda tidak memiliki uang muka, kredit macet, atau mungkin banyak utang, kita dapat menemukan program yang sempurna sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda! Kami menawarkan sejumlah pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah.
    Kami telah dalam bisnis untuk pinjaman 10 tahun, dan tingkat tinggi pengalaman dan keahlian tidak bisa dipungkiri transfer pinjaman kepada semua klien kami di bawah kerangka waktu tertentu.
    Jangan biarkan kesempatan keuangan ini indah untuk berlalu begitu saja
    Adam Ketua Perusahaan Pinjaman.
    Email: (Adamchairmanloancompany@gmail.com) (Wc25380@gmail.com)
    KAMI MEMBERIKAN JAMINAN MAKSIMAL UNTUK TRANSAKSI BISNIS KAMI.

    BalasHapus
  7. Terima kasih artikelnya kak. Kalau mau lihat contoh model desain rumah minimalis bisa lihat di blog saya :)

    BalasHapus
  8. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA BISNIS MAN / WOMAN, Pekerja DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat melanjutkan tahun ini dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan Pelanggan kami adalah kekuatan kita . Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Telepon Seluler: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: mariasednerloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  9. KAMI AKAN MENAWARKAN PINJAMAN ANDA DENGAN 2% BUNGA RENDAH.
    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum tentang Mrs. Victoria Johnson, kami memberikan pinjaman kepada individu dan perusahaan. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda, meningkatkan bisnis Anda, atau ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada komunitas lokal, internasional, serta perusahaan dengan suku bunga sangat rendah, 2%.
    Kami di sini untuk membuat semua masalah Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Jadi kami akan menyukai Anda dengan menghubungi kami hari ini melalui email:
    (worldcreditfunds@gmail.com) Kami di sini untuk memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  10. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus