Rabu, 05 Desember 2012

terapi air putih

Untuk sehat ternyata tidak perlu ongkos mahal. Asal tahu caranya, mempunyai tubuh bugar ternyata sangat mudah dan murah. Caranya, melalui terapi air putih. Seperti diketahui, dua pertiga tubuh manusia terdiri atas air. Begitu juga dua pertiga bumi ini juga terdiri atas air. Tak heran jika air sangat dominan dalam kehidupan ini.

Meminum air putih dengan metode yang benar akan memurnikan tubuh manusia. Konon, seluruh organ penting manusia membutuhkan air untuk menunjang kinerjanya. Salah satunya adalah usus besar. Usus besar yang salah satu tugasnya membentuk darah baru, dalam istilah medisnya  sebagai aematopaises, sangat membutuhkan air.

Bila usus bersih, maka gizi makanan yang dimakan beberapa kali dalam sehari akan diserap. Dengan kerja mucousal fold, gizi makanan itu diubah menjadi darah baru. Darah merupakan hal penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan. Karena itulah air hendaknya dikonsumsi secara teratur.

Terapi air putih ini ternyata dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan sampai yang berat, di antaranya sakit kepala, asma, disentri, darah tinggi, bronchitis, kencing manis, TBC paru-paru, kanker payudara, dan masih banyak lagi.

Minum air putih sebanyak delapan gelas per hari sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika anda rutin melakukan hal mudah dan murah ini, kebugaran tubuh akan selalu didapat.

Nah, lalu bagaimana cara melakukan terapi menggunakan air putih ini. Caranya cukup mudah, yaitu diminum pada saat-saat tertentu. Di antaranya, saat bangun tidur, langsung aja minum air putih dua gelas. Kebiasaan ini akan membuat tubuh anda bugar. Awalnya mungkin agak berat minum dua gelas air saat bangun tidur. Tapi jika sudah terbiasa, kebugaran tubuh yang akan didapat.

Beberapa pihak menganjurkan minum air putih hingga 1,5 liter saat bangun tidur. Tapi setelah saya searching di beberapa situs, saya menemukan fakta bahwa minum air putih terlalu banyak saat bangun tidur justru tidak baik untuk kesehatan jantung dan ginjal.

"Banyak orang salah mengerti, mereka melakukan terapi air putih tapi dengan mengonsumsi dua liter sekaligus saat bangun tidur. Ini berbahaya untuk kesehatan jantung dan ginjal," kata Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK.

Seharusnya, khasiat air putih akan lebih terasa bisa dikonsumsi secara bertahap, bukan secara berlebihan atau sekaligus. Samuel menjelaskan, konsumsi air berlebih bukan bermanfaat untuk tubuh tapi justru membahayakan.

Air yang dikonsumsi akan diserap ke saluran cerna dan masuk ke pembuluh darah yang akhirnya bisa menyebabkan volume darah jadi bertambah. Hal ini bisa membebani kerja jantung dan ginjal. Jantung seolah didesak untuk memompa darah lebih cepat, sementara ginjal di desak untuk mengeluarkan cairan lebih cepat.

Hal itu justru bisa mengganggu fungsi jantung dan ginjal. "Jangan minum sekaligus berlebihan, karena air mudah diserap. Jika setiap hari hal ini dilakukan, bisa membebani jantung dan ginjal serta menyebabkan bagian tubuh itu mudah jebol," jelas Samuel.

Samuel pun menganjurkan agar kita mengonsumsi air yang sesuai kebutuhan. Agar khasiatnya bisa dirasakan, konsumsilah air sebelum merasa haus. Setelah bangun tidur juga dianjurkan untuk mengonsumsi air putih satu gelas. Sebelum dan setelah sarapan juga dianjurkan minum segelas air putih. Begitu pula saat ingin beraktivitas serta sebelum dan setelah berolahraga. Bahkan sebelum tidur pun dianjurkan untuk mengonsumsi segelas air putih.

Mengonsumsi ar putih secara bertahap akan lebih bermanfaat, dan menjadikan hal itu kebiasaan akan menjadi investasi kesehatan Anda di masa depan. Mulai melakukan kebiasaan minum air putih sesering mungkin secara bertahap akan menjadi kebiasaan yang sehat untuk Anda dan keluarga.

"Jika ingin menerapkannya di keluarga Anda, cobalah melakukan kebiasaan minum air putih setiap kali melakukan aktivitas 6-8 minggu secara ketat, otomatis pada minggu ke 9, akan menjadi kebiasaan yang sehat."

Nah, yang ini anjuran dari Nabi SAW. Beliau mengajarkan pada kita agar duduk saat minum. Penjelasan secara medisnya adalah, bahwa di dalam tubuh manusia terdapat Sfringer. Sfringer adalah saringan dalam tubuh untuk menyaring air / cairan yang masuk ke tubuh melalui mulut. Ketika kita duduk, sfringer akan terbuka. Jika kita berdiri, sfringer akan tertutup.

Kenapa sfringer ini diperlukan tubuh. Karena air yang kita minum tidak100 persen steril.Bila kita minum sambil berdiri, otomatis air yang kita minum tidak tersaring oleh sfringer. Air yang tidak tersaring oleh sfringer langsung masuk ke kantong kemih, dan dapat menyebabkan penyakit kristal ginjal.

Nah berikut adalah manfaat terapi air putih :

1. Minum 2 gelas air putih setelah bangun tidur dapat membersihkan organ - organ internal
2. Minum segelas air putih 30 menit sebelum makan membantu fungsi pencernaan atau ginjal
3. Minum segelas air putih sebelum mandi dapat menurunkan tekanan darah
4. Minum air putih sebelum tidur dapat mencegah stroke dan serangan jantung

Awalnya anda akan buang air kecil dua sampai tiga kali dalam satu jam, tetapi setelah beberapa lama, akan normal kembali. Menurut penelitian, penyakit-penyakit berikut dapat disembuhkan dengan terapi air putih.


Semoga bermanfaat
Banjarmasin, 5 Desember 2012

6 komentar: