Minggu, 27 Januari 2013

kampoeng kopi banaran

Jika Anda kebetulan berada di seputaran Semarang, Jawa Tengah, tak ada ruginya mampir ke Kampoeng Kopi Banaran. Objek wisata berhawa sejuk ini merupakan kawasan  Wisata Agro milik PT Perkebunan Nusantara IX (Persero).
 

Letaknya lumayan strategis di areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan, atau di Jalan Raya Semarang - Solo kilometer 35 dengan ketinggian 480-600 mdpl dan suhu udara antara 23-27ยบ C. Jika Anda dari arah Semarang, Anda bisa juga menikmati panorama indah di jalan tol Semarang-Ungaran.
 

Cuti awal Januari 2013 lalu, saya menyempatkan diri mampir di objek wisata ini. Lumayan menyegarkan. Setelah capek nyetir mobil selama 4 jam dari Rembang, Jawa Tengah menuju Jogya, saya dan keluarga mampir di Banaran Cafe yang ada di kawasan ini. Menurut saya, ini lokasi yang sangat tepat untuk beristirahat selama dalam perjalanan, karena merupakan setengah dari jarak tempuh saya menuju Jogja.
 

Secangkir kopi panas khas perkebunan kopi ini plus pisang goreng dan tempe mendoan, menemani saya meluruskan kaki dan sekadar melonggarkan kepenatan bahu dan pinggang. Ramadan 2012 lalu, saya ditemani anak dan istri juga menyempatkan mampir di kawasan ini, sekaligus berbuka puasa. Nah enaknya lagi, untuk buka puasa, Banaran Cafe  menyediakan makanan dan minuman pembuka gratis.
 

Dengan menu yang lumayan lengkap dan harga yang terjangkau, berkisar Rp 7.500 hingga Rp 25 ribuan, kita bisa menikmati suasana kebun kopi yang sejuk dan tenang. Jika Anda lapar, tidak masalah. Ada banyak menu yang ditawarkan kafe di sini. Mulai dari rawon, pecel, aneka nasi goreng, cah kangkung dan daftar makanan lain.
 

Tentu saja yang menjadi menu andalan cafe ini adalah kopi. Anda bisa memilih berbagai macam racikan kopi, mulai dari Robusta, Cappucino, Espresso, dan racikan kopi nikmat lainnya. Selain kopi, tersedia pula camilan seperti tahu bandungan, pisang goreng, mendoan, dan makanan khas lainnya yang menggugah selera.
 

Nah, jika Anda punya waktu yang lebih panjang, Anda bisa juga bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan objek wisata ini. Di kawasan ini Anda bisa bisa menikmati sedapnya kopi "Banaran Coffee",  arena bermain anak-anak, lapangan tenis, mushola, hingga meeting room. Pengelola juga menawarkan Griya Robusta,  family gathering, corporate gathering, coffee walk, out bound games, kolam renang, gasebo, taman buah, gedung pertemuan, flying fox, hingga menjelajahi kebun kopi menggunakan ATV.
 

Kalau Anda kebetulan membawa mobil sendiri, bisa keliling objek wisata ini menggunakan mobil. Matikan AC, lalu buka jendela mobil Anda. Udara sejuk khas perbukitan segera menyergap bagian dalam mobil. Anda bisa keliling kawasan ini sambil melihat-lihat pemandangan yang hijau dari bukit.
 

Jika ingin mengelilingi kebun kopi Anda juga bisa menyewa kereta wisata dengan tarif Rp 50 ribu sudah bisa berkeliling kebun dengan jarak kurang lebih 2,5 kilometer. Kita akan dipandu sopir kereta wisata dan diberi penjelasan tentang kopi dari mulai penanaman hingga panen. Kita juga diperbolehkan memetik langsung biji kopi yang masih di ranting dan mencicipi rasa kopi yang belum diolah atau kopi yang masih alami dari pohonnya. Uniknya, rasa biji kopi di sini manis, tidak pahit seperti kopi kebanyakan.
 

Kampoeng Kopi Banaran juga menyediakan penginapan yang bisa digunakan untuk beristirahat dan bermalam. Letak penginapannya yang berada di puncak bukit menjadi nilai lebih dengan lanskap alam yang menawan. So, tak ada ruginya mampir di kawasan ini.

selamat menikmati

3 komentar:

  1. blogwalking om. Nice blog, nice posting. Kampoeng Kopi Banaran emang keren, saya pernah ke sana dua kali. Airnya dinginnnn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas udah berkunjung. Sepakat: Kampoeng Kopi Banaran emang kereeennn...

      Hapus
  2. Pingin icip- icip kopi robusta langsung dari kebunnya nih ☺

    BalasHapus