Minggu, 03 Februari 2013

atasi penyakit dengan mengenali jadwal organ tubuh

Setiap organ tubuh memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Menurut Traditional Chinese Medicine (TCM) ada beberapa organ utama dalam tubuh kita, yakni jantung, paru-paru, hati, lambung, limpa, ginjal, kantung empedu, usus kecil, usus besar, serta kantung kemih.


Dan setiap organ tersebut memiliki jadwal kerja masing-masing. Tidak heran bila pada waktu-waktu tertentu, banyak orang melakukan kegiatan yang sama. Buang air besar banyak dilakukan antara pukul 05.00-07.00, saat daya kerja usus besar sedang maksimal.

"Oleh karena itu, jangan biarkan lambung bekerja tanpa ada bahan di dalamnya. Bisa kembung dan banyak gasnya bila pada pukul 07.00-09.00 perut tidak diisi makanan, apalagi hanya kopi," ungkap Salomo B. Simanjuntak, seorang pemilik Klinik Akupuntur.

Sebaliknya, masa organ bekerja minimal adalah 12 jam sesudah ia bekerja maksimal. Contohnya, lambung akan bekerja minimal pada pukul 19.00. Sebab itu, makan malam semestinya tidak berlebihan. Lebih baik sedikit, tetapi bergizi. Maksudnya, bukan karena kita tidak beraktivitas, melainkan supaya makanan tidak menjadi timbunan sampah, akibat lambung tidak bekerja maksimal.

Kesadaran dan pengetahuan ini akan membantu kita untuk berlaku rasional terhadap tubuh sendiri. Kebiasaan tidur dan makan tidak teratur bisa menyebabkan perubahan jam kerja organ tubuh anda. Kenali jam bekerja organ tubuh anda dan sesuaikan jam tidur/makan anda.

Berikut jadwal jam kerja beberapa organ tubuh kita:

Lambung

Pada pukul 07.00 sampai pukul 09.00 adalah jadwal kerja organ lambung yang penuh kekuatan, dengan demikian bila makan pagi pada saat ini akan membantu proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Bagi yang tidak ada masalah dengan lambung, minum jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan pagi. Karena  saat itu perut masih kosong, sehingga zat yang berguna akan segera terserap tubuh.

Sedangkan pada pukul 19.00 sampai pukul 21.00 adalah jadwal organ lambung yang melemah. Sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang susah dicerna atau lama dicerna, disarankan untuk lebih baik sudah berhenti makan.

Limpa

Pada pukul 09.00 sampai pukul 11.00 adalah jadwal organ limpa yang bekerja kuat, Dengan tugasnya mengangkut cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Kalau ada yang merasa ngantuk pada waktu ini, berarti fungsi limpa orang tersebut lemah. Solusinya adalah kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

Sedangkan pada pukul 21.00 sampai pukul 23.00 adalah saat organ limpa bekerja dengan lemah, karena terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Pada jam-jam ini sebaiknya istirahat sambil bersantai untuk menenangkan jiwa, sehingga daya tahan tubuh bisa meningkat.

Jantung

Pada pukul 11.00 sampai pukul 13.00 adalah waktu puncak organ jantung bertugas dengan kuat, karenanya sangat disarankan untuk beristirahat pada jam-jam ini. Hindari panas dan olah fisik, juga ambisi dan emosi terutama pada penderita gangguan pembuluh darah.

Sedangkan pada pukul 23.00 sampai 01.00 merupakan saat organ jantung melemah. Pada saat ini sebaiknya sudah beristirahat tidur. Kalau masih diteruksan bekerja atau begadang, akan melemahkan fungsi jantung.

Hati

Pada pukul 13.00 sampai pukul 15.00 organ hati melemah. Apabila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat, tubuh akan kuat untuk menangkal semua penyakit.

Sedangkan pada pukul 01.00 s/d 03.00 dini hari merupakan waktu bekerja organ hati dengan kuat. Terjadi proses pembuangan racun maupun limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati, tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Dan jika ada luka dalam, hati akan terasa nyeri.

Paru-paru

Pada pukul 15.00 sampai pukul 17.00 organ paru-paru bekerja lemah. Diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru.

Sedangkan pukul 03.00 sampai pukul 05.00 pagi, saatnya organ paru-paru menguat. Terjadi proses pembuangan limbah dan racun pada organ paru-paru. Apabila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat, menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya digunakan untuk olah nafas, demi mendapatkan energi paru yang sehat dan kuat.

Ginjal

Pada pukul 17.00 sampai pukul 19.00 organ ginjal bekerja sangat kuat. Ini merupakan waktu yang baik untuk belajar, karena pada saat ini terjadi proses pembentukan sumsum tulang maupun sel-sel otak yang berdampak pada kecerdasan.

Usus Besar

Pada pukul 05.00 sampai pukul 07.00 organ usus besar bekerja dengan penuh kekuatan, sehingga disarankan untuk buang air besar (BAB) di pagi hari secara teratur.

Setelah kita mengetahui jadwal kerja beberapa organ tubuh di atas -yang pada jam-jam tertentu bekerja dengan kuat maupun lemah- marilah kita mulai menjaga kesehatan. Kurangi kebiasaan-kebiasaan kurang baik dan tidak sesuai dengan jadwal kerja tersebut, yang dapat melemahkan fungsi organ tubuh kita.


(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar