Kamis, 05 Januari 2012

cara murah naik haji

Animo masyarakat Indonesia naik haji makin meningkat. Tak heran waiting list naik haji makin panjang di negeri ini. Jika mendaftar naik haji tahun ini dengan ONH normal, diperkirakan baru bisa berangkat ke Tanah Suci paling cepat lima tahun ke depan. Bahkan di beberapa kota bisa lebih lama lagi, misalnya di Jakarta, Surabaya dan Banjarmasin, waiting list bisa mencapai sembilan tahunan.


Nah, kini ada strategi cerdas naik haji secara cepat. Tidak hanya melunasi biaya haji secara cepat, bahkan kita bisa mendaftar melalui ONH plus. Dengan strategi ini, biaya naik haji juga makin murah, nah lho...


Strategi ini cukup mudah dilakukan, tapi harus dilakukan dengan komitmen dan kedisiplinan tinggi untuk benar-benar menyisihkan uang demi bisa berangkat ke Tanah Suci. Caranya adalah dengan menabung emas. Ya, beberapa tahun terakhir kesadaran masyarakat dunia untuk menabung atau investasi dalam bentuk emas makin meningkat. Sebetulnya kesadaran ini termasuk telat, tapi tidak ada istilah terlambat untuk memulai kebaikan, betul?

Emas memang merupakan salah satu benda atau investasi yang sangat menguntungkan saat ini. Selain harganya terus naik, emas juga bisa dicairkan (diuangkan) secara cepat. Dalam dunia investasi emas disebut-sebut sebagai investasi favorit nomor dua setelah properti. Lalu kenapa nomor satunya properti? Ya, karena nilai properti terus naik dari waktu ke waktu dan dapat mendatangkan pasif income. Rumah bisa dikontrakkan sehingga bisa memberi pemasukan tiap bulan, sementara emas tidak.

Oke, kita kembali ke emas. Keandalan emas memang tidak diragukan lagi. Benda ini sangat jarang turun harganya, sebaliknya harganya terus menanjak tiap waktu. Tak heran China menginvestasikan APBN-nya untuk memborong emas. Sebagian besar APBN China digunakan untuk membeli emas. Akibatnya, tahun lalu harga emas dunia sempat melambung akibat langkah China ini.

Seorang muslim semestinya lebih memilih emas daripada mata uang termasuk dolar sekalipun. Nabi Muhammad saat itu menggunakan mata uang emas (dinar) dan perak (dirham) dalam sistem pembayaran di pemerintahannya. Tak heran saat itu Islam cepat berkembang ke seluruh dunia, dan dikenal sebagai negara perdagangan yang cepat pertumbuhannya. Keuntungan emas dibanding mata uang adalah bebas dari inflasi. Bahkan kini para tentara dan pilot pesawat tempur Amerika dibekali kalung atau medali emas 24 karat. Tujuannya, jika sewaktu-waktu pesawatnya jatuh, atau ia tersesat, maka bisa menjual koin emas itu di negara manapun.

Kita kembali ke ONH. Jika kita menggunakan mata uang, dolar/rupiah, tentu saja ONH makin mahal tiap tahun. Berdasarkan catatan, ONH tahun 2005 ditetapkan sebesar Rp 23,5 juta, tahun 2006 sebesar Rp 27 juta, tahun 2009 sebesar Rp 36 juta, tapi setelah banyak diprotes warga dan DPR, ONH 2010 turun menjadi Rp 31 juta, sedangkan ONH 2011 ditetapkan sebesar Rp 30.737.100.

Sementara jika kita memilih ONH menggunakan emas atau dinar, tentu saja tarif ONH akan semakin turun. Tahun 2005 lalu ONH ditetapkan sebesar 171 gram, 2006 sebesar 153 gram, tahun 2007 sebesar 141 gram, tahun 2008 sebesar 119 gram, tahun 2009 sebesar 109 gram dan tahun 2010 sebesar 88 gram. Bagaimana itu bisa terjadi? Tentu saja karena nilai emas lebih tinggi daripada mata uang. Nilai mata uang makin merosot akibat krisis atau inflasi, sementara saat krisis harga emas tak terpengaruh, bahkan justru bisa melejit harganya.

Lalu bagaimana cara membeli emas untuk ONH? Tentu saja kita tidak bisa membeli sembarang emas. Emas terbaik adalah berbentuk batangan, atau emas koin, bukan emas dalam bentuk perhiasan. Nilai jual kembali emas dalam bentuk perhiasan lebih murah karena harganya dibebani biaya cetak atau pembentukan perhiasan. Selain itu, nilai emas perhiasan bisa susut karena bentuknya bisa dianggap ketinggalan jaman. Sementara itu nilai jual kembali emas batangan terus naik atau mengikuti standar nilai emas di pasar dunia.

Di Indonesia, emas batangan yang diakui adalah yang diterbitkan oleh PT Aneka Tambang (Antam), tapi sayang PT Antam tidak buka cabang di semua kota. Hanya beberapa kota besar yang ada cabang perusahaan ini. Di kalangan masyarakat, emas PT Antam ini sangat laku, bahkan sangat diburu. Di Banjarmasin, untuk membeli emas batangan/lantakan PT Antam harus antre melalui agen resminya. Untuk mendapatkannya, bisa antre dua hingga tiga bulan, wow...

Berdasarkan pergerakan harga dinar pada Kamis, 5 Januari 2012 adalah, harga jual Rp 2.228.106 sedangkan harga beli Rp 2.138.982. Sedangkan harga emas adalah, jual Rp 513.680 dan beli Rp 493.132. Jika kita benar-benar berkomitmen naik haji, tentu saja menabung dalam bentuk emas atau dinar lebih menguntungkan. Bisa saja kita menabung dalam bentuk uang, lalu setelah terkumpul seharga emas batangan atau dinar bisa langsung kita belikan emas atau dinar. Tentu saja dengan cara seperti ini, hasilnya akan lebih cepat bagi kita melunasi ONH.

Untuk diketahui, koin dinar adalah koin emas 22 karat (91,7%) dengan berat 4,25 gram. Lalu kenapa berat dinar ditentukan sebesar 4,25 gram? Rasulullah pernah bersabda "Timbangan mengikuti yang digunakan penduduk Mekah, Takaran mengikuti yang digunakan penduduk Madinah". Dari hadits Rasulullah itu, Dr Qaradawi menyimpulkan bahwa berat 1 dinar atau 1 Mithqal adalah sama dengan 4.25 gram timbangan saat ini.

Lalu kenapa hanya 22 karat? Semasa Rasulullah masih hidup, beliau belum (memerintahkan ) mencetak dinar Islam sendiri, tapi menggunakan dinar yang diproduksi dunia di luar Islam. Dinar baru mulai dicetak pada jaman Kekhalifahan Mu'awiyah bin Abu Sufyan (41-60H, namun pada jaman itu uang emas dari Byzantine tetap juga digunakan bersama dinar Islam.

Pada jaman Kekhalifahan Abdul Malik bin Marwan (75 H-76 H) barulah beliau melakukan reformasi finansial, dimana hanya dinar dan dirham Islam yang dipakai di Kekhalifahan. Sampai abad 19 koin-koin emas yang ada di dunia hanya berkadar antara 0.900 % - 0.9166 % atau yang paling mendekati adalah 22 karat ( 22 karat = 22/24 = 0.917%).

Nah, dengan demikian diketahui bahwa ONH paling murah adalah dengan cara menabung dalam bentuk emas atau dinar. Selamat mencoba...


Banjarmasin, 5 Januari 2012

6 komentar:

  1. ulasan yang sangat inspiratif.
    terima kasih pencerahanx, semoga mendapat keberkahan menuju rumah-Nya, Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, moga moga kita semua bisa menjadi tamunya Allah ya masbrow. Terima kasih udah berkunjung ke sini.

      Hapus
  2. Bismillah. Mohon maaf kepada admin, kami dari biro travel umroh murah dan haji plus Umroh Alfatih Tour membuka pendaftaran Program UMROH MURAH tahun 2013 sebesar Rp. 16.500.000,- untuk keberangkatan bulan Mei 2013 (paket 9 hari / 4 pax). Informasi selanjutnya silahkan kunjungi : www.umrohalfatih.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, silakan umrohalfatih. Sebetulnya saya sangat ingin umrah, semoga cita-cita saya kesampaian dalam waktu dekat, aaammiiiinnn...

      Hapus
  3. Anda juga bisa lihat di sini
    Alquran terjemah dengan tajwid blok warna alquranku
    Antony 081331828237
    alquranku
    Info Interior gan...
    plafon rumah

    Thx

    BalasHapus
  4. terima kasih atas informasi dan pencerahannya.

    BalasHapus