Jumat, 21 Desember 2007

seputar blog

Menjelajah berbagai macam jenis blog selama beberapa hari terakhir ternyata cukup asyik juga. Banyak blog yang dibuat sangat kreatif, tapi ada juga yang biasa-biasa saja. Ini wajar saja, karena latar belakang seseorang membuat blog, dan pengetahuan tentang teknologi dunia maya ini juga bermacam-macam.

Yang jelas, jalan-jalan ke berbagai jenis blog, cukup memberi banyak pengetahuan, tentang apa saja. Ada blog yang khusus memuat puisi dan uneg-uneg, sastra, blog khusus foto, artikel, hukum, lagu, film, filsafat, jurnalistik, dan segudang jenis lainnya. Ada pula blog yang khusus memuat soal daerah atau negara tertentu, khusus tentang pendidikan, tentang psikologi, tentang seks, perempuan dan banyak jenis lainnya lagi.

Tapi ada juga yang cukup kreatif, yaitu khusus memuat tentang tips-tips seputar membuat blog dan segala macam asesorisnya. Seperti tips membuat readmore di blogspot, membuat banner, membuat tampilan yang lebih menarik, dan berbagai asesoris yang unik-unik. Untuk yang terakhir kali ini, ternyata peminatnya cukup banyak juga. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang meninggalkan komentar di blog jenis ini.

Blog yang satu ini banyak diakses, terutama oleh para pendatang baru di dunia blog. Dan setelah saya jalan-jalan selama beberapa hari, ternyata blog yang memuat tips ngeblog dalam Bahasa Indonesia cukup banyak dicari. Blog jenis ini memang cukup membantu para pendatang baru yang Bahasa Inggrisnya pas-pasan, seperti saya.

Bicara tentang ngeblog, apapun tujuannya adalah sah-sah saja, namanya juga catatan harian. Tentu dibuat sesuai selera dan keunikan masing-masing. Yang jelas, dari sebuah tampilan dan isi blog, bisa mencerminkan pembuat blog itu. Kegemaran ngeblog ini, kini telah menyebar ke berbagai lapisan sosial, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, penganggur, hingga menteri dan mantan pejabat. Para pebisnispun melirik dunia blog sebagai lahan tambang bagi bisnisnya.

Membuat blog ternyata memang cukup mengasyikkan. Selain bisa membunuh sang waktu terutama dari kesuntukan, kegelisahan, dan rasa neg dari berbagai macam persoalan, ngeblog ternyata juga bisa menyalurkan bakat seseorang. Bahkan yang sudah pada tingkat lanjut bisa menjadi mata pencaharian utama. Bahkan, kini sudah banyak orang punya penghasilan yang menggiurkan hanya dari ngeblog tiap hari.

Apalagi, kini sudah banyak kalangan yang menawarkan bebagai macam bisnis dari blog dan segala macam pernak-perniknya itu. Yang jelas, dengan ngeblog, seseorang juga bisa menumpahkan segala macam rasa subjektif yang selama ini tersumbat penyalurannya. Untuk yang terakhir ini, banyak sekali blog yang memuat segala macam sumpah serapah dan ketertindasan dari kehidupan.

Ngeblog, kini sudah menjadi milik siapa saja, ngeblog sudah menjadi budaya terbaru, budaya membuat catatan harian secara online. Jika sudah demikian, terserah anda mau memanfaatkan fasilitas blog untuk apa saja, sesuai keinginan anda...


salam,
Banjarbaru, Jumat 21 Desember 2007

4 komentar:

  1. Ngeblog, kata si fulan, semacam bukti eksistensi diri di dunia maya. "Aku ngeblog maka aku ada." Hehehe.

    Blognya tambah keren euy... Banyak pernik-pernik barunya.

    Sukses Pak Sigit!

    BalasHapus
  2. terima kasih pak med udah ninggalin pesen. Wah, jadi malu, blogku masih gaptek, katrok banget pak med, aku mau banyak belajar tip sampeyan neeehhh...

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. monggo silakeun, and maturnuwun sudah berkunjung

      Hapus